a. Pasar Persaingan Sempurna
Pasar persaingan sempurna disebut juga pasar persaingan murni adalah pasar
di mana terdapat banyak penjual dan pembeli dan mereka sudah sama-sama
mengetahui keadaan pasar.
Contoh pasar persaingan sempurna yaitu :
Analisis alasan :
* Analisis Produk :
Produk yang diperjual-belikan adalah
produk yang homogen, sejenis dan mirip yang mengakibatkan semua produk terlihat
identik.
* Analisis Penjual dan Pembeli
Jumlah
Penjual dan Pembeli dalam Pasar untuk komoditi ini sangat banyak sehingga mereka hanya
sebagai penerima harga (price taker).
* Analisis Kebijakan Harga
Dalam
Pasar untuk Komoditi ini, harga terbentuk akibat mekanisme pasar yakni hasil
interaksi antara permintaan dan penawaran akan komoditi ini.
* Analisis Informasi
Penjual
dan Pembeli memiliki semua informasi yang relevan tentang harga , kualitas ,
sumber penawaran , dll.
* Analisis Kemudahan Masuk dan Keluar Pasar
Setiap Penjual
(Perusahaan) dapat dengan bebas untuk masuk dan keluar (meninggalkan) Pasar.
b.
Pasar Monopoli
Pasar monopoli adalah pasar yang terjadi apabila seluruh penawaran terhadap
sejenis barang pada pasar dikuasai oleh seorang penjual atau sejumlah penjual
tertentu.
Contoh pasar Monopoli yaitu :
Analisis alasan :
* Analisis Produk :
Produk yang diperjual-belikan adalah
satu jenis produk tanpa alternatif pilihan
* Analisis Penjual dan Pembeli
Hanya
terdapat 1 pihak penjual yakni Pemerintah dan banyak pembeli, yakni masyarakat
Indonesia.
* Analisis Kebijakan Harga
Harga
dan jumlah kuantitas yang ditawarkan
dikuasai oleh perusahaan monopoli , sementara Konsumen ( Pembeli ) bersifat
hanya menerima barga saja.
* Analisis Informasi
Perusahaan
(Penjual) dan Konsumen (Pembeli) mengetahui seluruh informasi dalam
Pasar.
* Analisis Kemudahan Masuk dan Keluar Pasar
Sangat sulit untuk
masuk ke pasar karena peraturan undang-undang yang hanya dikelola oleh
pemerintah karena menguasai hajat hidup orang banyak disamping itu produk ini
sulit di dapat.
c. Pasar persaingan
monopolistik
Pasar persaingan monopolistis adalah pasar dengan banyak penjual yang
menghasilkan barang yang berbeda corak.
Contoh pasar persaingan monopolistik yaitu :
Analisis alasan:
* Analisis Produk :
Produk yang diperjual-belikan adalah
barang yang terdifferensiasi yakni membedakan produk tiap-tiap perusahaan
dengan tujuan membuat produk menjadi unik di mata konsumen (Pembeli). Barang
yang diproduksi antara lain sama
* Analisis Penjual dan Pembeli
Terdapat
banyak Produsen (Penjual) dan Konsumen (Pembeli) dalam pasar otomotif (mobil).
* Analisis Kebijakan Harga
Produsen
(Penjual) hanya memiliki sedikit kemampuan untuk mengubah harga.
* Analisis Informasi
Pihak
Produsen (Penjual) mengetahui keinginan ataupun menguasai permintaan pasar
sementar pihak konsumen (Pembeli) juga mengetahui informasi-informasi mengenai
harga
* Analisis Kemudahan Masuk dan Keluar Pasar
Setiap
Penjual (Perusahaan) dapat dengan bebas untuk masuk dan keluar (meninggalkan)
Pasar.
d.
Pasar oligopoli
Pasar oligopoli adalah pasar yang
hanya terdiri atas beberapa penjual untuk suatu barang tertentu, sehingga
antara penjual yang satu dengan yang lainnya bisa memengaruhi harga
Contoh pasar oligopoli yaitu :
Di dominasi oleh PT.Indocement, pasar layanan operator seluler
PT.Holcim, PT.Indo Gresik
Pasar otomotif industri berat
Analisis alasan :
* Analisis Produk :
Produk yang diperjual-belikan adalah
barang yang terdifferensiasi yakni membedakan produk tiap-tiap perusahaan
dengan tujuan membuat produk menjadi unik di mata konsumen (Pembeli). Barang
yang diproduksi antara lain sama-sama semen tetapi masing-masing memiliki
keunikan dan keistimewaannya sendiri.
* Analisis Penjual dan Pembeli
Terdapat
banyak Produsen (Penjual) yang menguasai pasar
* Analisis Kebijakan Harga
Harga
produk yang dijual relative sama dan apabila ada perubahan harga dari suatu
perusahaan akan diikuti oleh perusahaan lain..
* Analisis Informasi
Pihak
Produsen (Penjual) mengetahui keinginan ataupun menguasai permintaan pasar
sementara pihak konsumen (Pembeli) juga mengetahui informasi-informasi mengenai
harga kualitas dll
* Analisis Kemudahan Masuk dan Keluar Pasar
Terdapat
hambatan masuk yang cukup kuat bagi perusahaan di luar pasar untuk masuk ke
dalam pasar karena butuh Sumber Daya yang besar.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar