Selasa, 30 Juli 2013

mikro ekonomi => macam" pasar


a.      Pasar Persaingan Sempurna

Pasar persaingan sempurna disebut juga pasar persaingan murni adalah pasar di mana terdapat banyak penjual dan pembeli dan mereka sudah sama-sama mengetahui keadaan pasar.
Contoh pasar persaingan sempurna yaitu :                             
Description: http://t0.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcRPFs26cufZuUbZ_g3MgRCZJSM_L35ZN5IJabTEjg8L2pF4Gm93         Description: http://organictestkitchen.com/blog/wp-content/uploads/Images/PotatosInTheMarket.jpg         Description: http://t3.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcTWRkz_pLhT0cuuXlfyBescHkBIgm2d4ZQbCR4PJaXXxzPCqMR5
Analisis alasan :
* Analisis Produk :
Produk yang diperjual-belikan adalah produk yang homogen, sejenis dan mirip  yang mengakibatkan semua produk terlihat identik.
* Analisis Penjual dan Pembeli
            Jumlah Penjual dan Pembeli dalam Pasar untuk komoditi  ini sangat banyak sehingga mereka hanya sebagai penerima harga (price taker).
* Analisis Kebijakan Harga
            Dalam Pasar untuk Komoditi ini, harga terbentuk akibat mekanisme pasar yakni hasil interaksi antara permintaan dan penawaran akan komoditi ini.
* Analisis Informasi
            Penjual dan Pembeli memiliki semua informasi yang relevan tentang harga , kualitas , sumber penawaran , dll.
* Analisis Kemudahan Masuk dan Keluar Pasar
          Setiap Penjual (Perusahaan) dapat dengan bebas untuk masuk dan keluar (meninggalkan) Pasar.

b.      Pasar Monopoli
Pasar monopoli adalah pasar yang terjadi apabila seluruh penawaran terhadap sejenis barang pada pasar dikuasai oleh seorang penjual atau sejumlah penjual tertentu.
Contoh pasar Monopoli yaitu :
Description: http://t0.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcSRcmPMGC0wiolxenU-EE1gqbfyVa7tPiCKiYnfKosBrTKTgYk5   Description: http://t3.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcRb8Y2lvfDuvcQJAhGUSsmXlMtmVgSz9k1SFg5UVmJW15CZ7vrG   Description: http://en.bisnis.com/system/article/image/50b/f10/5b7/0c9/a62/dd0/000/01e/compact_pam_jaya.jpeg    Description: http://www.telkomsolution.com/sites/default/files/imagecache/df_preview/image/news/telkom-pertamina.jpg
Analisis alasan :
* Analisis Produk :
Produk yang diperjual-belikan adalah satu jenis produk tanpa alternatif pilihan
* Analisis Penjual dan Pembeli
            Hanya terdapat 1 pihak penjual yakni Pemerintah dan banyak pembeli, yakni masyarakat Indonesia.

* Analisis Kebijakan Harga
            Harga dan jumlah kuantitas  yang ditawarkan dikuasai oleh perusahaan monopoli , sementara Konsumen ( Pembeli ) bersifat hanya menerima barga saja.

* Analisis Informasi
            Perusahaan (Penjual) dan Konsumen (Pembeli) mengetahui seluruh informasi dalam Pasar.  

* Analisis Kemudahan Masuk dan Keluar Pasar
          Sangat sulit untuk masuk ke pasar karena peraturan undang-undang yang hanya dikelola oleh pemerintah karena menguasai hajat hidup orang banyak disamping itu produk ini sulit di dapat.

c.       Pasar persaingan monopolistik
Pasar persaingan monopolistis adalah pasar dengan banyak penjual yang menghasilkan barang yang berbeda corak.
Contoh pasar persaingan monopolistik yaitu :
Description: http://t3.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcT2cjwhhBg3ZP7jXjMi4m308bGiKZAJEpIPpooGfPZq9GbLeQd9Description: http://lowongankerjasemarang.net/wp-content/uploads/2012/05/logo_sariayu.gif    Description: http://www.ucd.ie/lipgene/images/logos/consortium/unilever.jpg   Description: http://t3.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcQO4zlKIrey828xltj2KiEtBhG1iN1yI2IqVq3zSnZ2njKFpw7PTw   Description: http://1.bp.blogspot.com/-Xlxh-XMRGKs/UVfDOqxk7RI/AAAAAAAAANo/I0K_CVYjy6w/s1600/terkiniuptodate+indofood-logo.jpg   Description: http://3.bp.blogspot.com/-4OvCEBY75hQ/TnYberRVuYI/AAAAAAAABw0/cF3H1sqyAyA/s1600/profil+sejarah+pt.+sido+muncul.jpg
Analisis alasan:
* Analisis Produk :
Produk yang diperjual-belikan adalah barang yang terdifferensiasi yakni membedakan produk tiap-tiap perusahaan dengan tujuan membuat produk menjadi unik di mata konsumen (Pembeli). Barang yang diproduksi antara lain sama
* Analisis Penjual dan Pembeli
            Terdapat banyak Produsen (Penjual) dan Konsumen (Pembeli) dalam pasar otomotif (mobil).
* Analisis Kebijakan Harga
            Produsen (Penjual) hanya memiliki sedikit kemampuan untuk mengubah harga.
* Analisis Informasi
            Pihak Produsen (Penjual) mengetahui keinginan ataupun menguasai permintaan pasar sementar pihak konsumen (Pembeli) juga mengetahui informasi-informasi mengenai harga
* Analisis Kemudahan Masuk dan Keluar Pasar
            Setiap Penjual (Perusahaan) dapat dengan bebas untuk masuk dan keluar (meninggalkan) Pasar.

d.      Pasar oligopoli
Pasar oligopoli adalah pasar yang hanya terdiri atas beberapa penjual untuk suatu barang tertentu, sehingga antara penjual yang satu dengan yang lainnya bisa memengaruhi harga
Contoh pasar oligopoli yaitu :
Description: http://www.smanepus.sch.id/kumpulan%20materi/KUMPULAN%20MATERI/Ekonomi/kls%20x/mp_239/images/hal1.jpg                           Description: http://2.bp.blogspot.com/_7I0DfyMh44o/TUTobqdk1mI/AAAAAAAAAEg/qjA-HOnnOFI/s1600/logo+operator+cdma.jpg
Di dominasi oleh PT.Indocement,     pasar layanan operator seluler
PT.Holcim, PT.Indo Gresik
Description: http://lampost.co/upload/25logo-mobil1.jpg                  Description: http://t1.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcR4XVsu_4_07cYceW1y4NHtrL_fG55QeyKyIPLfhzEoMsPztf8JVQ
Pasar otomotif                          industri berat
Analisis alasan :
* Analisis Produk :
Produk yang diperjual-belikan adalah barang yang terdifferensiasi yakni membedakan produk tiap-tiap perusahaan dengan tujuan membuat produk menjadi unik di mata konsumen (Pembeli). Barang yang diproduksi antara lain sama-sama semen tetapi masing-masing memiliki keunikan dan keistimewaannya sendiri.
* Analisis Penjual dan Pembeli
            Terdapat banyak Produsen (Penjual) yang menguasai pasar
* Analisis Kebijakan Harga
            Harga produk yang dijual relative sama dan apabila ada perubahan harga dari suatu perusahaan akan diikuti oleh perusahaan lain..
* Analisis Informasi
            Pihak Produsen (Penjual) mengetahui keinginan ataupun menguasai permintaan pasar sementara pihak konsumen (Pembeli) juga mengetahui informasi-informasi mengenai harga kualitas dll
* Analisis Kemudahan Masuk dan Keluar Pasar
            Terdapat hambatan masuk yang cukup kuat bagi perusahaan di luar pasar untuk masuk ke dalam pasar karena butuh Sumber Daya yang besar.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar